Kamis, 23 Februari 2017

dialog konseling



A.      Komunikasi Efektif
Bu Yuli   : “Assalamualaikum bu bidan”
Bidan     : “Walaikumsalam, Bu. Eh ibu Yuli silahkan masuk”
Bu Yuli   : “Terimakasih Bu bidan” (sambil masuk ruangan dan duduk)
Bidan     : (tersenyum ramah) “Gimana ibu, dedeknya sehat? Udah bisa apa bu?
Bu Yuli   :“begini bu bidan, anak saya ini tidur terus seharian jarang minum asi. Itu bagaimana ibu?”
Bidan     :“Ibu, karena dedek itu memang lebih banyak tidur, namun setiap 2 jam sekali sebaiknya dibangunkan dan diberi ASI ya bu.. tidak harus dedeknya yang minta duluan”.
Bu Yuli   : “Ohhh.. begitu ya bu bidan. Saya kira kalo anak saya tidur pules itu tidak lapar dan haus. Tenyata harus dibangunkan ya”.
Bidan     : “iya bu yuli. Biar cepet gemuk dedeknya. Karena sumber makanan utama dedek itu ASI.
Bu Yuli   : “Iya bu bidan sekarang saya paham. Terimakasih saya langsung pamitan saja bu.”.
(KEMUDIAN BIDAN BERDIRI DAN BERJABAT TANGAN)

B.      Komunikasi tidak efektif
Pasien   : “(mengetuk pintu rumah bidan)
Bidan     : “Silahkan Masuk (sambil sibuk menulis data tanpa memperhatikan pasien)
Pasien kemudian masuk dan duduk.
Bidan     : “Nama ibu?”
Pasien   : “Yuliana, bu bidan”
Bidan     : “Alamat?”
Pasien   : “Jalan pemuda nomor 12 bu”.
(....)



     Akademi Kebidanan Ummi Khasanah Yogyakarta. AKBIDUK Jogja. Pendaftaran PMB Akbid. AKBID Kebidanan. Mau jadi Bidan Profesional dan handal kunjungi : www.akbiduk.ac.id
Akbid di Jogja Akbid Ummi Khasanah Yogyakarta.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar